SAP Express Mencatat Pertumbuhan Usaha Positif di Tengah Pandamik

oleh

JAKARTA LENSAJAKARTA.COM – PT Satria Antaran Prima Tbk atau lebih dikenal sebagai SAP Express (Perseroan) marupakan perusahaan jasa pengiriman yang didirikan dan mulai beroperasi pada tahun 2014, sejak Itu Perseroan menandai dirinya di antara perusahaan Kurir Ekspres dan Logistik terkemuka di Indonesia.

Saat ini, Perseroan memiliki jaringan pengiriman hampir ke seluruh destinasi di Indonesia. Dalam perjalanannya yang masih belia Perseroan tercatat sebagai pelopor kurir berbasis android dan salah satu parusahaan kurir pertama yang tercatat sebagai perusahaan publik pada 3 Oktobar 2018.

Pencapaian yang baik berhasil diraih Perseroan sepanjang tahun 2020, hal tersebut dapat dilihat dari realisasi perolehan pendapatan yang tercatat sebesar Rp 451 miliar terdapat kenaikan sebrsar 294 dibandingkan pendapatan 2019 sebesar Rp349 miliar.

Pencapaian kinerja tahun 2020 tersebut merupakan bukti bahwa strategi Perseroan telah berjalan dengan baik. Di tengah pandemic Covid-19, Perseroan mampu bertahan bahkan berhasil mencatat kinerja positif. Perseroan menciptakan nilai bagi pemegang saham dan pemangku kepentingan melalui pengembangan usaha, menurunkan biaya operasional sekaligus meningkatkan compelltiveness, serta melakukan penguatan kinerja bisnis inti untuk meningkatkan pendapatan.

Pertumbuhan positif ini memang sudah diprediksi oleh Perseroan sebagai imbas positif dari maraknya transaksi penjualan ritel melalui eCommerce yang melibatkan aktivitas pengiriman barang.

Presiden Direktur Budiyanto Darmastono, mengungkapkan penambahan kantor cabang juga akan menambah aset untuk menunjang kinerja pengiriman, termasuk untuk penambahan armada dan perluasan area kantor cabang.

“Karena jaringan SAP kita sangat luas sekali, jadi kita harus terus meningkatkan pelayanan dan menambah fasilitas serta menambah kantor cabang” ujar Budiyanto dalam Public Expose yang di gelar, Selasa (22/6/2021)di Park Hotel Cawang, Jakarta.

Masih katanya, terkait UMKM yang memerlukan permodalan yang cepat, jadi SAP terus menjaga pelayanan dengan menambahkan waktu pengiriman.

“Dengan tagline “Sahabat Pengiriman” dan “Jagonya COD”, SAP Express menargetkan untuk menjadi sahabat bagi kebutuhan pengiriman di seluruh Indonesia dengan memfasilitasi pengiriman non COD pada umumnya dan COD pada khusus nya ke seluruh area di Indonesia, kita untuk bersaing dengan eCommerce maupun dengan jasa pengiriman lain. Karena bisnis di jasa pengiriman ini unik,” ucapnya.

Sementara, Corperate Secretary, Deny Parhan mengatakan fasilitas sudah milik sendiri, hal ini untuk meminimalisir resiko serta terjadinya masalah dalam pengiriman. Selain itu pembayaran juga sudah dapat digunakan melalui secara elektronik, untuk mengurangi dampak Covid-19 di masa pandemi ini.

“SAP ingin memenangkan pasar eCommerce yang merupakan target pasar dari Perseroan,” ucapnya.

Dani menambahkan, hal tersebut secara nyata dibuktikan dengan menjamurnya beragam pilihan barang yang telah tersedia di berbagai platform eCommerce di Indonesia, yang pada beberapa tahun lalu bahkan belum terpikirkan oleh masyarakat, mulai dari pakaian, perlengkapan bayi, hingga makanan, aksesoris dan perlengkapan otomotif, obat-obatan hingga sembako

Masih kata Dani, sekarang ini sudah ada pergeseran pola masyarakat dalam memenuhi kebutuhan, jadi pelanggan dapat belanja memakai platform online.

“Perseroan sangat agresif membuka peluang kerjasama dengan pihak-pihak yang tentu dapat membawa lebih banyak pendapatan untuk Perseroan, apalagi kontribusi omset berdasarkan area yang sangat relevan berada di Jabodetacibeka,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Direktur Edwin Widiantoro menambahkan, pada RUPS yang juga dilaksanakan dihari yang sama juga dibagikan deviden kepada pemegang saham.

Sebagai gambaran atas perkembangan dunia eCommerce yang pesat ini, Perseroan mengutip data yang dirilis oleh Statista Digital Market Outlook penjualan eCommerce di Indonesia pada 2022, diperkirakan mencapai lebih dari AS$16,4miliar atau bertumbuh rata-rata sebesar 18% setiap tahunnya sejak 2018.

Dengan teknologi yang dikembangkannya, sistem user interface Perseroan dapat digunakan oleh semua platform eCommerce karena mampu diintegrasikan secara langsung melalui Application Programming Interface (API).

Selain aktif mensupport bisnis eCommerce, Perseroan juga menawarkan jasa pengiriman dalam dan luar kota, jasa pengiriman Internasional & kargo, jasa distribusi, mailing room, pengiriman melalui transportasi darat, laut & udara, cash on delivery, dan dedicated courier. Layanan cash on delivery dan dedicated courier menjadi salah satu kekuatan utama Perseroan dalam peta persaingan antar sesama perusahaan jasa delivery lain.
Untuk pengiriman dalam negeri sendiri, Perseroan menawarkan paket Same Day Service, One Day Service dan Reguler Service.

Sebagai salah satu perusahaan jasa pengiriman dengan pertumbuhan tercepat di Tanah Air, Perseroan sejak berdiri pada tahun 2014, telah membuka lapangan pekerjaan bagi lebih dari 3800 orang karyawan, dimana hampir setengahnya merupakan tenaga kurir yang ditempatkan di hampir seluruh wilayah di Indonesia dengan didukung oleh 209 jaringan cabang dari Sabang sampai Merauke.

Pada periode yang sama, Perseroan mengoperasikan lebih dari 500 armada pengiriman yang terdiri dari blind van, carry box, MPV, COD, CDE dan Wingbox serta ribuan sepeda motor untuk pengiriman last-mile.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × two =