Kadislitbangad Silaturahmi ke Pangdam IV/Diponegoro Bahas Percepatan Sertifikat Lahan Lapangan Tembak Ambal Kebumen

oleh

JAKARTA, LENSAJAKARTA.COM – Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Kadislitbangad) Brigjen TNI Terry Tresna Purnama, S.I.Kom.,M.M. bersilaturahmi dengan Pangdam IV/Diponegoro yang diterima dan diwakili Kapok Sahli Pangdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Rimbo Karyono, S.I.P.,M.M. didampingi Pa Ahli Bidang Ekonomi Kolonel Inf Tri Suseno, S.Sos dan Asren Kodam IV/Diponegoro Kolonel Inf Hery Setiyanto, S.I.P bertempat di ruang kerja Kapok Sahli Pangdam IV/Diponegoro, Jum’at (4/6/2021).

Dalam kunjungan silaturahminya kepada Pangdam IV/ Diponegoro yang diwakili Kapok Sahli Pangdam IV/Diponegoro, Brigjjen TNI Rimbo Karyono, S.I.P.,M.M, Kadislitbangad Brigjen TNI Terry Tresna Purnama, S.I.Kom.,M.M, didampingi Perwira Ahli Bidang Material Utama Dislitbangad Kolonel Inf Slamet Riyanto, S.Ag.,M.M. menyampaikan bahwa kedatangannya ke Kodam IV/Diponegoro untuk bersilaturahmi kepada Pangdam IV/Diponegoro karena telah memasuki wilayah jajaran Kodam IV/Diponegoro dengan berbagai rangkaian kegiatan baik ke Kodim 0709/Kebumen maupun Bupati Kebumen serta mengunjungi anggota perwakilan Dislitbangad yang berada di Ambal Kebumen Jawa Tengah.

Suasana santai, rileks, penuh ramah dan hangat dalam diskusi membahas tentang perkembangan lapangan tembak Ambal Kebumen yang menjadi hak milik guna pakai TNI AD, yang memasuki babak baru dalam penyelesaian lapangan tembak TNI AD di Kebumen Jawa Tengah.

Kadislitbangad menyampaikan sesuai dengan petunjuk Kasad bahwa penggunaan daerah latihan lapangan tembak Ambal Kebumen untuk latihan tidak dengan menggunakan letusan baik peluru tajam maupun bahan peledak hanya digunakan untuk latihan teknis dan latihan taktis, setiap penggunaan daerah latihan tersebut terlebih dahulu berkoordinasi dengan Pangdam IV/Diponegoro dan pada setiap pelaksanaan latihan mempedomani 8 wajib TNI dan pembinaan teritorial. Sambil berjalan proses tersebut progres pensertifikatan lapangan tembak TNI AD tetap berlangsung, sehingga diharapkan Kodam IV/Diponegoro dapat mensuport dan memacu percepatan pensertifikatan lapangan tembak Ambal milik hak guna pakai TNI AD tersebut melalui program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) secara otomatis sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku melalui beberapa tahapan.

“Pertama, pemasangan patok yang disaksikan oleh BPN dan perangkat Desa yang bersebelahan dengan lapangan tembak. Kedua, setelah pematokan selesai maka akan menghasilkan gambar ukur. Ketiga, setelah terbit gambar ukur maka tahap berikutnya akan dilaksanakan verifikasi dan penandatanganan antara TNI AD dengan pemilik lahan yang berbatasan dengan lapangan tembak. Keempat, setelah kedua belah pihak sepakat dan sudah ditandatangani, maka BPN akan menerbitkan Gambar Peta kelima dari Gambar Peta Bidang tersebut. BPN akan menindaklanjuti untuk diterbitkan setifikat, dan proses tersebut sedang berlangsung,” papar Kadislitbangad.

Pada kesempatan yang sama Kapok Sahli Pangdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Rimbo Karyono., S.I.P.,M.M., yang mewakili Pangdam IV/Diponegoro mengapresiasi serta menyambut baik Kadislitbangad yang telah menginisiasi dan mensuport langkah-langkah percepatan pensertifikatan lapangan tembak Ambal Kebumen Jawa Tengah yang menjadi Hak milik guna pakai TNI AD yang menjadi atensi Kasad tersebut, serta sudah mensuport Dandim 0709/Kebumen, Bupati Kebumen juga perwakilan Dislitbangad di Ambal Kebumen untuk proaktif dalam memacu pensertifikatan lapangan tembak yang menjadi hak guna pakai milik TNI AD, dan hal ini akan dilaporkan kepada Pangdam IV/Diponegoro atas kedatangan Kadislitbangad di wilayah jajaran Kodam IV/Diponegoro dan langkah-langkah yang sudah dilaksanakan oleh Kadislitbangad.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kabagpam Setdislitbangad Letkol Arh Abdul Cholik, S.H., M.H., Kabagter Setdislitbangad Letkol Inf Asep Hidayat, S.E.

Sumber : Dispenad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen + twelve =