Ketum PP IWO Berikan Pelatihan Dasar Jurnalistik Kepada Serikat Buruh di Sumsel

oleh

PALEMBANG, LENSAJAKARTA.COM –
Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Wartawan Online (PP IWO) Jhodi Yudono memberikan pelatihan dasar Jurnalistik tahun 2021, yang di gelar Federasi Serikat Pekerja Pertanian dan Perkebunan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (F SPPP-SPSI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Kegiatan tersebut mengusung tema, ‘Pemberitaan Anti Hoax Untuk Menjaga Selalu Stabilitas Nasional’, yang di ikuti oleh para pekerja buruh dari 8 Kabupaten/Kota se Sumsel, di Komplek Ilir Barat Permai, Hotel Princess, Kecamatan Bukit Kecil, Palembang, Rabu (17/3/2021).

Ketua PP IWO Jhodi Yudono mengatakan, dirinya memberikan materi tentang jurnalistik ke teman-teman F.SPPP SPSI untuk menjadi bekal, bagi mereka yang sedang becita-cita ingin menjadi wartawan dan memiliki media massa.

“Saya memberi pengetahuan tentang apakah media itu. Terus, seperti apa media hari ini dan media yang akan datang. Supaya, mereka juga mengerti bahwa media ini bukan cuman urusan garis menulis, tetapi urusan umat manusia kemana arah media tersebut” ujarnya.

Jodhi menuturkan, bahwa media ini juga akan mempengaruhi manusia dan kemanusiaan, bentuknya seperti kelak apakah akan menjadi masyarakat yang penuh pengetahuan, kearifan atau masyarakat yang brutal itu peran media sepenting itu.

“Saya tekankan adalah kalau kalian bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Maka, kalian harus adil sejak dalam pikiran itu, saya berpesan bahwa tugas wartawan itu adalah mewarisi tugas-tugas kenabian, para nabi itu adalah penyampai pesan kebaikan. Artinya, wartawan juga seyogyanya harus menyampaikan pesan-pesan yang baik sehingga terhindar dari Hoax,” imbuhnya.

“Saya harap kawan-kawan pekerja ini bisa menulis dengan baik dan menjadi seorang jurnalis nantinya, sehingga mereka antar pekerja dan masyarakat umum itu bisa saling mengerti serta memahami ketika mereka protes karena tidak diperlakukan adil dan sebagainya,” tutupnya.

Sementara Itu, Ketua DPD F.SPPP-SPSI Provinsi Sumsel Ir Alwi Sirajuddin mengatakan, pihaknya menggelar pengenalan tentang jurnalis kepada rekan-rekan di serikat pertanian dan perkebunan.

“Kegiatan tersebut diikuti oleh serikat pekerja buruh, sebanyak 40 orang peserta, dari 7 kabupaten/kota yang ada di Sumsel.Harapannya mereka tertarik dulu dan selanjutnya kalau mereka tertarik, mungkin kita rekrut dari karyawan untuk bisa menulis,” jelasnya.

Alwi menambahkan, pihaknya berharap kalau memang jadi contoh di Sumsel ini, pihaknya akan menjadikan media nasional untuk F SPPP-SPSI. Ini sekadar pengenalan dan nanti akan diprogramkan supaya yang di harapkan dan rencanakan bisa tercapai.

“Apabila mereka tertarik dan paling tidak, para peserta bisa menyampaikan apa-apa permasalahan dilapangan,” tandasnya.(Rezaf).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty + two =