Wali Kota Jaktim Tinjau Pembangunan Sumur Resapan di Jl DI Panjaitan

oleh

JAKARTA, LENSAJAKARTA.COM – Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar, meninjau pembangunan 39 sumur resapan oleh Satgas Sumber Daya Air (SDA) dan pihak swasta di Jl DI Panjaitan, Jatinegara, Senin (28/12/2020).

Anwar mengatakan, pembangunan sumur resapan ini dilakukan untuk mengatasi genangan yang sering terjadi di kawasan tersebut. Selain sumur resapan, saluran penghubung di sekitarnya juga rutin dibersihkan.

Bahkan, lanjut Anwar, di lokasi tersebut telah dibangun dua sodetan saluran air yang terkoneksi ke Kali Sunter. Sodetan ini dibangun di bawah Jl Raya DI Panjaitan pada pertengahan November lalu dan kelar pada pertengahan Desember kemarin.

“Inventarisasi di lapangan, saat ini sudah 39 sumur resapan yang dibangun di Jl DI Panjaitan. 15 dibangun Satgas Sumber Daya Air (SDA) , sisanya oleh CSR,” ucap Anwar.

Diungkapkan Anwar, 24 sumur resapan yang dibuat pihak swasta kedalamannya hanya tiga meter dan  belum dipasangi pipa resapan sedalam 20 meter seperti standar yang ditetapkan Pemprov DKI Jakarta. Karena itu, Anwar memerintahkan Sudin Sumber Daya Air (SDA) untuk memperbarui semua sumur resapan yang dibangun CSR tersebut.

“Di sepanjang Jl DI Panjaitan hingga Jl MT Haryono juga ada 30 gedung perkantoran pemerintah dan swasta. Mereka sudah kita minta untuk partisipasi membangun sumur resapan baik di dalam area  maupun di luar gedung,” lanjut Anwar.

Keberadaan sumur resapan, lanjut Anwar, selain untuk mengatasi genangan juga sebagai penampungan air bersih serta untuk menjaga kualitas tanah agar tetap subur.

Kasatpel SDA Kecamatan Jatinegara, Robi Triawan menjelaskan, pembangunan 15 sumur resapan yang dibangun Satgas SDA ini dilakukan sejak Oktober lalu. Dari 15 titik, saat ini sudah rampung 10 titik. Sedangkan lima titik lainnya sedang dalam proses pekerjaan.

Saat ini, lanjut Robi, pihaknya sedang melakukan proses pengeboran untuk pemasangan pipa resapan sedalam 20 meter di masing-masing titiknya.

“Saat ini kita sedang bangun 15 sumur resapan di Jl DI Panjaitan. Titiknya mulai dari depan kantor Kecamatan Jatinegara hingga depan Masjid Al Bahri,” ujar Robi.

Disebutkan, selain membangun 15 sumur resapan, pihaknya juga akan memperbarui  24 sumur resapan yang dibangun pihak CSR.

“Kita akan mengebor kedalaman 20 meter di 24 titik sumur resapan yang dibangun CSR, ” imbuhnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 + sixteen =