Hari ini, Wisata Setu Babakan Jagakarsa, Diprediksi Jadi Puncak Kunjungan Wisata

oleh

JAKARTA, LENSAJAKARTA.COM – Libur panjang berakhir hari ini, Minggu (1/11), diprediksi puncak kunjungan wisatawan domestik pada libur panjang ini terjadi, termasuk salah satunya, Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Kepala Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi (UPK PBB) Setu Babakan, Imron mengatakan, sejak libur cuti bersama dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW, UPK PBB Setu Babakan telah ramai dikunjungi wisatawan mulai, Rabu (28/10).

“Berdasarkan catatan, jumlah pengunjung pada Rabu (28/10) sebanyak 1.106 orang, lalu Kamis (29/10) sebanyak 1.903 orang dan Jumat (30/10) hanya 586 orang. Sedangkan, jumlah pengunjung pada Sabtu (31/10) kemarin mengalami peningkatan dari hari sebelumnya, yakni 1.948 orang pengunjung,” jelas Imron.

Menurut Imron, jumlah pengunjung ini sudah dibatasi sesuai aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi yakni sekitar 50 persen dari total kapasitas.

“Sebelum pandemi, normalnya jumlah pengunjung UPK PBB Setu Babakan rata-rata mencapai 4.000 hingga 5.000 orang per hari,” ungkapnya.

Imron juga menjelaskan, selama musim libur ini, UPK PBB Setu Babakan memberlakukan protokol kesehatan yang ketat bagi wisatawan dan juga bagi pedagang yang berjualan di dalam kawasan wisata tersebut. UPK PBB Setu Babakan memiliki petugas piket khusus bersama Satgas COVID-19 dari unsur tiga pilar (Polisi, TNI dan Satpol PP) yang berjaga di pintu masuk.

“Protokol kesehatan sudah pasti kita jalankan, setiap pengunjung yang datang wajib ukur suhu tubuh, wajib cuci tangan sebelum masuk, memakai masker dan menjaga jarak,” katanya.

Selain pengunjung dibatasi, pedagang yang berjualan di area Setu Babakan, diberlakukan sistem ganjil genap.

“Pedagang juga tidak dibolehkan menyediakan tempat duduk lesehan, pedagang hanya dibolehkan menyediakan kursi dengan menjaga jarak,” tandasnya.

Sebagai informasi, jam operasional kawasan wisata UPK PBB Setu Babakan buka dari jam 09.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. Jam operasional ini juga dibatasi sesuai aturan PSBB transisi, sebelum pandemi, Setu Babakan beroperasi hingga pukul 18.00 WIB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

six + seventeen =