Kepemimpinan Pemuda Dalam Rumah Tangga Menjadi Salah Satu Prioritas Kemenpora

oleh

JAKARTA, LENSAJAKARTA.COM – Diantara 5 Prioritas Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) RI Tahun 2020-2024 ialah penguatan ideologi Pancasila dan karakter serta budaya bangsa di kalangan pemuda, salah satu aktualisasinya kepemimpinan pemuda yang memiliki derivasi kepemimpinan individu, kepemimpinan domestik dan kepemimpinan publik. Dengan menjalankan konsep pengembangan kepemimpinan tersebut maka upaya membangun karakter pemuda bisa komprehensif dan lebih maksimal.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Dr. H. Zainudin Amali, M.Si dalam pidato pembukaanya pada kegiatan “Pendidikan Kepemimpinan Pemuda dalam Rumah Tangga di Tengah Pandemi COVID-19” yang diselenggarakan oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemuda melalui Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan secara daring (17/06/2020).

“Acara ini penting dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kemampuan kepemimpinan pemuda yang berkarakter untuk menjawab berbagai tantangan dalam memimpin keluarga baik sebagai kepala rumah tangga (KRT) maupun sebagai anggota rumah tangga (ART) sebagai prasyarat untuk mewujudkan SDM Unggul” tutup Menpora.

Dalam laporannya, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Dr.H.M.Asrorun Ni’am Sholeh, MA menyampaikan, bahwa ada sejumlah 400 peserta setelah panitia memilih dari 600 pendaftar. Hal ini menunjukkan tingginya animo pemuda dengan kegiatan ini, data pendaftar ini juga menunjukkan bahwa para pemuda Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke sangat membutuhkan pengetahuan terkait kepemimpinan dalam rumah tangga.

“Pelatihan ini memberikan pengetahuan yang dibutuhkan pemuda dalam memasuki jenjang perkawinan, beberapa materi yang akan diterima antara lain; kesehatan reproduksi, pengasuhan anak berkualitas, literasi keuangan dalam rumah tangga, hukum perkawinan, dan psikologi pemuda” tutup Ni’am dalam laporannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 + 3 =