Akhir Tahun ini, BBWSCC Kempen PUPR Akan Normalisasi Kali Bekasi

oleh

BEKASI, LENSAJAKARTA.COM – Rencananya, Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane atau BBWSCC Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan menormalisasi Kali Bekasi sepanjang 11 kilometer mulai akhir tahun ini.

“Rencana pengerjaannya 36 bulan atau 3 tahun,” kata Kepala BBWSCC, Bambang Heri Mulyono, Minggu (6/9/2020).

Bambang menuturkan, desain normalisasi telah siap, yaitu penguatan tanggul dengan borpile di bagian bawah lalu dinding parapet sebagai tanggul atas. Tahap pertama alokasi dana dari Kementerian PUPR sebesar Rp 600 miliar. “Akhir tahun ini akan dimulai pengerjaannya,” ucapnya.

Masih katanya, normalisasi sepanjang 11 kilometer dari pertemuan Kali Cileungsi dan Kali Cikeas di Jatiasih sampai dengan Bendungan Bekasi. Tapi, lahan yang sudah siap untuk mendukung rencana itu baru sekitar enam kilometer. “Mudah-mudahan sambil berjalan ada penambahan,” kata Bambang.

Salah seorang penduduk, Riki menyambut baik rencana pemerintah pusat segera menormalisasi. Sebab, ancaman banjir masih terjadi jika konstruksi tanggul tidak kuat. “Awal tahun ini di tempat kami tanggulnya jebol,” ucap warga Pondok Mitra Lestari, Jatiasih, Bekasi ini.

Riki mengungkapkan, banjir menyebabkan perumahan itu terendam air hingga ketinggian dua meter. Air mengalir di perumahan cukup deras karena ada tanggul yang jebol di Blok D.

“Rumah sudah ditinggikan, tapi di dalam masih satu meter,” imbuhnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eight − two =